Kamis, 03 September 2015

Akhirnya...!! Misteri Senyuman di Lukisan Mona Lisa Terungkap..!

Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci sepertinya tak habis dibahas terus menerus oleh para peneliti dan pecinta seni. Sebuah studi yang meneliti karya abad 15 tersebut mengungkapkan misteri di balik senyuman Mona Lisa. Hiii! 

Ekspresi misterius Mona Lisa memang mampu memikat dunia, namun ternyata senyuman itu bukan satu-satunya yang pernah dibuat da Vinci. Sebelum Mona Lisa, ada sebuah lukisan 'La Bella Principessa' yang juga menggunakan trik senyuman yang sama. 


Teknik itu bernama 'sfumato' dan banyak dipakai oleh seniman Renaissance lainnya. Peneliti Alessandro Soranzo dan Michelle Newberrry dari Universitas Sheffield Hallam menulis dalam sebuah makalah 'Vision Research'

"Senyuman itu akan cepat menghilang jika dilihat dari sudut yang tidak tepat. Ilusi visual bernama uncaychable smile ini sangat menarik untuk diteliti," ungkapnya seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (21/8/2015). 

Para peneliti meneliti lukisan Mona Lisa, La Bella Principessa, dan karya potrait lainnya di era yang sama. Seperti 'Girl' yang dilukis Piero del Pollaiuolo yang dibuat pada 1470 silam. Hasilnya?

"Mengingat teknik yang dipakai da Vinci dan ambiguitas yang sengaja dibuatnya. Itu yang membuat Mona Lisa tertarik," ungkap Soranzo. 

Para ahli berpendapat bahwa percampuran warna untuk mengeksploitasi visi perifer, bentuk mulut dan subjek. Serta berhasil membentuk perspektif yang sangat tajam. Bagaimana lukisan Mona Lisa masih bikin penasaran?
baca juga : Nauzubillah, Ternyata di Dunia Ini Ada Aliran Penganut Hubungan Bebas. BAHKAN DI INDONESIA INI..!!
seberkanlah dengan klik SHARE di bawah.. :)